Thursday, March 29, 2007

Coffee and Cheese Creamy Cake


Owiyah, gua hampir lupa.. waktu gua di jakarta, gua buat kue sama si wenny. Ueeeeeeenaaaaaaaaaaaaaakkkk buangeettt gua ambil resepnya dari buku "sponge cake dan variasinya dari sedap sekejap. gampang bngt dan uenak banget. Ini lho hasilnya, manis banget kan? Btw, gua ada tips tips oke nih buat bikin bolu. Jadi klo ada cewe2 yg mo buatin co2nya kue buat hari2 special, dijamin deh - antigagal! ^^

Bahan:

  • 7 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 90 g gula pasir
  • 90 g tepung terigu protein sedang (klo yg protein tinggi ntr kuenya keras)
  • 15 g tepung maizena
  • 10 g susu bubuk
  • 2 sendokteh kopi instant
  • 50 ml krim kental
  • 50 g margarin
  • 1/4 esens kopi (boleh ditiadakan klo ngak punya, soalnya gua gak pake)
  • 50 g butter cream
  • keju parut secukupnya
Cara Membuat:
  1. Kocok telur dan gula sampe mengembang (pake mixer yg kecepetannya sedeng ya - jgn cepet, ntr kuenya kasar, jadi kira2 20 menit deh)
  2. Masukin terigu, maizena, susu bubuk, diayak dan diaduk rata
  3. Tambahin krim kental, aduk rata
  4. Tuang margarin leleh, kopi instant, aduk rata
  5. Tuang ke loyang yg udah dioles margarin
  6. Oven 20 menit dgn suhu 190 derajat
  7. Oles atasnya dengan butter cream, taburin sama keju
Cara buat butter cream dasar:
  • 50 : 50 perbandingan antara krim asli sama mentega
  • pake gula secukupnya - klo suka manis ya pake banyak - sesuai keinginan aja
  1. Kocok krims ama mentega dan gula dikit2 sampe semuanya bener2 kecampur dan ngembang, klo mo rasa kopi, pakein kopi bubuk aja sedikit- kocok kecepatan sedeng, for about 20-25 minutes.

No comments: